Di Brebes, Harga Bawang Merah Mahal Sementara Cabai Murah

PASCALEBARAN, harga bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih mahal. Sedangkan cabai merah harganya merosot tajam. Mahalnya harga bawang merah lantaran stok di petani berkurang, berbanding terbalik dengan cabai merah. Pemantauan di Pasar Bawang Merah dan Cabai Sengon di Desa Sengon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, harga bawang merah bertengger di angka Rp40.000 per kg. Sedangkan cabai merah dibandrol hanya Rp6.000/kg.

Sebagai catatan, Pasar Bawang Merah dan Cabai di Pasar Sengon, merupakan pasar partai besar atau grosir yang bawang merah dan cabainya diperoleh dari petani. Sehingga, kalau di pasar-pasar tradisional atau eceran lebih mahal. Jika bawang merah yang di Pasar (grosir) Sengon Rp40.000/kg, di pasar-pasar tradisional atau eceran bisa lebih mahal Rp10.000/kg atau sekitar Rp50.000/kg. Sedangkan cabai merah yang di Pasar Sengon Rp6.000/kg bisa mencapai Rp10.000/kg.

Salah seorang pedagang bawang merah asal Desa Kemurang Kulon, Kecamatan Tanjung, Brebes, Sainah, menuturkan masih mahalnya harga bawang merah karena stok di tingkat petani yang sudah berkurang. “Sekarang di persawahan sebagian besar sedang ditanami padi, tanaman bawangnya sudah berkurang,” ujar Sainah. Sainah menyebut kalau untuk cabai merah masih lumayan banyak yang menanam dan terutama di kawasan Pantura. “Kalau yang di wilayah Pantura musim tanam padinya kan hanya setahun sekali. Sekarang masih banyak yang menanam cabai merah,” ungkap Sainah. Menurut Sainah, baik bawang merah atau cabai merah dari Pasar Bawang Merah dan Cabai Merah Sengon biasa dipasok ke kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lain baik di Jawa Tengah maupun Jawa Barat.(OL-5)

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/319064-di-brebes-harga-bawang-merah-mahal-sementara-cabai-murah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tinggalkan Komentar

Post Terkait